Seringkali ada saja orang yang menanyakan alasan saya masuk ke Departemen ITP IPB, bahkan posting saya kali ini juga dalam rangka menjawab pertanyaan itu (sekalian juga untuk tugas). Saya tidak seperti kebanyakan orang yang menjawab pertanyaan itu dengan jawaban-jawaban yang konyol dan terdengar putus asa, seperti kesasar di ITP, tidak diterima di tempat lain, pelarian, atau bahkan tidak tahu kenapa masuk ITP. Saya masuk Departemen ITP karena saya memang INGIN masuk Departemen ITP dan bukan sebagai pelarian ataupun karena kesasar.

Sebenarnya ada banyak hal yang mendorong saya untuk memilih salah satu departemen terbaik di IPB ini. Pertama, almarhum ayah saya adalah seorang yang sejak kecil hingga akhir hayatnya selalu berkecimpung di dunia pertanian sehingga otomatis idealismenya tentang pertanian menular pada saya. Kedua, kakak kelas saya yang setahun lebih tua dan sudah lebih dulu masuk IPB juga menyarankan agar saya memilih Departemen ITP. Ketiga dan yang terpenting, saya adalah orang yang suka makan dan selalu ingin tahu tentang hal-hal yang berkaitan dengan pangan.

Selain hal-hal tersebut, yang membuat saya tertarik masuk ITP adalah :

  1. ITP bisa memfasilitasi pengembangan ide-ide kreatif tentang pangan yang didukung oleh Southeast Asian Food and Agriculture Science and Technology (SEAFAST) Center. SEAFAST Center ini adalah pusat untuk penelitian pangan di Asia Tenggara.(http://seafast.ipb.ac.id)
  2. Departemen ITP didukung oleh fasilitas yang lengkap untuk penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan penelitian, yang mencakup ruang kuliah, laboratorium praktikum dan penelitian di bidang pengolahan pangan, kimia pangan, biokimia pangan, mikrobiologi pangan, dan sensori, serta laboratorium komputer. (http://itp.fateta.ipb.ac.id/id/index.php?option=com_content&task=view&id=21&Itemid=38)
  3. Berdasarkan hasil akre-ditasi tahun 2006 Departemen ITP memperoleh Akreditasi A (Baik Sekali). (http://itp.fateta.ipb.ac.id/id/index.php?option=com_content&task=view&id=18&Itemid=32)
  4. Departemen ITP juga mendukung mahasiswanya untuk ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan internasional baik dalam hal keilmuan, budaya, dan olahraga melalui International Academic Program. (http://itp.fateta.ipb.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=128&Itemid=191)

Inti dari tulisan saya ini adalah saya bahagia masuk di ITP dan saya suka dengan apa yang saya kerjakan di ITP, meski terkadang juga tidak mudah menjadi mahasiswa ITP. Sekian tulisan ini. Semoga bisa menginspirasi Anda.

Comments are closed.

Kategori
Tanggalan
December 2010
S M T W T F S
« Sep    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031